Minggu, 27 Juni 2010

ARSITEKTUR KRISTEN AWAL
Penemuan gereja Kristen adalah salah satu cemerlang - mungkin yang paling brilian - solusi dalam sejarah arsitektur. Hal ini dicapai oleh proses asimilasi dan menolak berbagai preseden, seperti kuil Yunani, Romawi bangunan publik, rumah Romawi swasta, dan rumah ibadat. Masa Awal Kristen melihat pertumbuhan Kristen, efektif sebuah kultus misteri bawah tanah Timur selama tiga abad pertama Masehi. Ini didirikan sebagai agama negara Kekaisaran di bawah penerus Konstantinus. administrasi Gerejawi dibentuk dalam rangka Kekaisaran Romawi. Sedikit perubahan tatanan sosial dan ekonomi. Bertahap perpecahan antara Timur dan Barat Kekaisaran di negara dan gereja. Politik dan keterpurukan ekonomi Barat, yang berakhir dengan invasi barbar.
 
Awal Arsitektur Kristen: gereja basilical dikembangkan dari basilika Romawi sekuler; jenis terpusat dari makam Romawi. rencana Basilical dimodifikasi untuk kebutuhan liturgi; jemaat dan pendeta terpisah di nave dan gang-gang vs transept dan apse. Yang berbeda-beda varian di Timur dan Barat.
 
Di Roma, dinding marmer klasik membering dan kosa kata, dan penekanan pada dinding besar, secara bertahap digantikan oleh permukaan yang luas, datar, merata terang; eksterior bata biasa; band mosaik dari interior.
Long pesawat dengan artikulasi kecil, baik horisontal atau vertikal.

Contoh bangunan:
1) kuil Raja Herodes, Jerusalem, Israel: pengganti kuil Raja Salomo: rekonstruksi sebelum penghancuran pada tahun 70 M; situs yang sama dengan Kubah Batu, di teras yang sama; orang Yahudi tetap menyembah di Tembok Barat dari teras candi hari ini.



2) Sinagoga, Dura Europos, Suriah, sekitar 230 AD: rencana; barat dinding dengan Taurat (Alkitab) ceruk dan lukisan dinding, hari ini di Museum Nasional, Damaskus.

3) rumah-gereja Kristen, Dura Europos, Suriah, 230 AD: rekonstruksi cutaway; baptistery ini: membandingkan rumah ini dengan House of the Vettii di Pompeii, ca. 70 M, pada baris ara. 207.

4) basilika [Old] Santo Petrus, Roma, c. 324 - 319 mungkin - untuk 335: rekonstruksi eksterior; cutaway direkonstruksi basilika dan atrium; rekonstruksi interior, rencana rekonstruksi; melihat interior recostructed, dicat sementara beberapa Santo Petrus masih berdiri; buah ara. 225-226. 

5) Gereja Makam Suci, Yerusalem, Israel, ca. 335: rencana rekonstruksi pada abad keempat, perspektif interior rekonstruksi basilika; rencana rekonstruksi basilika dan rotunda Anastasis pada abad keempat, hari ini eksterior, banyak dibangun kembali; buah ara. 228 – 230

Tidak ada komentar:

Posting Komentar