Minggu, 27 Juni 2010

ARSITEKTUR KRISTEN AWAL
Seni Kristen awal dan arsitektur, karya seni menunjukkan tema-tema Kristen dan struktur yang dirancang untuk ibadah Kristen dibuat relatif lama setelah kematian Yesus. Kebanyakan dari tanggal 4 ke 6 persen. AD Lihat juga ikonografi Kristen di bawah ikonografi.

Pekerjaan awal
Sedikit yang diketahui tentang seni Kristen dalam dua abad pertama setelah kematian Yesus. Di antara manifestasi paling awal yang masih ada adalah lukisan 3d-abad awal pada dinding katakombe di Roma. Sedangkan gaya menyerupai lukisan dinding Romawi sekuler, subjek sebagian besar terdiri dari tokoh-tokoh Alkitab. Yunus, Daniel, dan Susanna muncul dalam adegan mukjizat melalui intervensi ilahi. Di antara motif yang menyimbolkan harapan kebangkitan dan keabadian adalah ikan dan burung merak. Setelah pengakuan resmi agama Kristen setelah Edict dari Toleransi (313), ruang lingkup seni Kristen awal secara radikal diperbesar.

Mosaik dan Penerangan Naskah
Menjelaskan siklus narasi mosaik menutupi bagian atas dinding, gapura, dan apse gereja basilican (lihat basilika Ada yang diawetkan di Santa Maria Maggiore dan Santa Pudenziana di Roma dan Sant'Apollinare Nuovo di Ravenna.. Penggunaan latar belakang emas mempertinggi pengaruh otherworldliness dan transendensi. Berbeda dengan paganisme, iman Kristen adalah terikat oleh otoritas dari tulisan-tulisan suci, dan ditempatkan pada pentingnya peningkatan produksi buku dan pencahayaan. Beberapa fragmen dari teks alkitabiah, yang ditulis pada perak dan emas di vellum ungu dan mewah menyala, itu masih ada (iluminasi lihat). Selain itu, rubah ini adalah Kejadian Wina, sebuah naskah semester pertama 6 persen.

Patung

Patung dari batu sarkofagus luas dipraktekkan dalam seni Romawi dan dilanjutkan ke era Kristen. Dalam beberapa kasus mata pelajaran mirip dengan katakombe digunakan. Di lain, adegan kehidupan Yesus atau komposisi lebih upacara diciptakan, menunjukkan Kristus bertakhta menerima penghormatan dari para rasul. Selain itu, pemahat gading dihiasi sampul buku dan peti mati peti mayat atau lebih objek, seperti takhta Maximianus di Ravenna, sebuah karya dari 6 persen.

Arsitektur
Sebelum pengakuan hukum iman baru di awal 4 persen., Tempat-tempat ibadah Kristen adalah dari kebutuhan yang tidak mencolok dan tidak memiliki bentuk arsitektural tetap. Setelah itu, bagaimanapun, bangunan-bangunan megah kultus didirikan di banyak bagian Kekaisaran Romawi, terutama di kota-kota utama, Roma, Konstantinopel, Milan, Antiokhia, dan Ravenna. Awal disesuaikan Kristen pembangun struktur yang telah lama digunakan dalam dunia Helenistik dan Romawi. Aula basilican, terdiri dari nave diapit oleh gang-gang yang lebih rendah dan diakhiri oleh sebuah apse, diadopsi sebagai standar struktur dalam ibadah jemaat Kristen. Sant'Apollinare Nuovo di Ravenna dan Santa Sabina di Roma masih bertahan sebagai contoh sebagian besar tak berubah dari jenis ini.

Dalam arsitektur awal Kristen penekanan yang berbeda ditempatkan pada rencana terpusat, yang bulat, poligonal, atau bentuk salib. Baptisteries dan kuil-kuil peringatan (martyria) berdasarkan monumen Romawi terpusat penguburan tradisional. Martyria didirikan pada situs-situs yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan Yesus dan tempat-tempat lain yang diadakan untuk dikuduskan oleh pengorbanan para martir. Dalam bangunan seperti Santo Petrus di Roma dan Makam Suci di Yerusalem, struktur martyrium dan basilika digabungkan, menciptakan sebuah sintesis formal baru sangat penting bagi arsitektur religius periode abad pertengahan.

Tradisi Timur
Suatu jenis seni Kristen berbeda dan arsitektur yang berkembang di Mesir (lihat seni Koptik). Di bagian timur Kekaisaran Romawi perkembangan tradisi Kristen Awal dilanjutkan di bawah naungan kaisar Bizantium (lihat seni Bizantium dan arsitektur).

Pengaruh-pengaruh
Perjalanan selanjutnya dari bangunan gereja setelah masa arsitektur Kristen awal diwarnai pengaruh arsitektur Byzantium. Pengaruh yang mengedepan adalah adanya warna Asia berupa bentuk-bentuk lengkung, busur, kubah, maupun dinding-dinding masif. Ciri dari pengaruh Byzantium pada bangunan gereja adalah penggunaan dekorasi berupa fresco (teknik lukis cat air pada dinding basah), mozaik, ataupun marmer pada ruang dalamnya. Ciri lainnya yang menjadi identitas dan pengenal utama, digunakannya atap kubah dengan konstruksi pendentive.
Beberapa contoh yang sangat terkenal di dunia untuk karya Byzantium adalah Gereja S. Sophia di Konstantinopel, Gereja S. Vitale di Ravena, dan Gereja S. Minerva Medica di Roma. Ketiga gereja ini menggunakan bentuk dasar denah Salib Yunani (lengan atau transept-nya sama panjang) dengan berbagai variasi setelah melampaui era arsitektur Byzantium bangunan gereja mengalir perkembangannya ke era arsitektur Romanika yang berlangsung sekitar abad IX-XII. Ketika masa ini berlangsung, arsitektur Byzantium masih memiliki peran yang sangat kuat. Terlebih lagi ketika itu daerah-daerah yang dikuasai Roma melepaskan diri. Akibatnya, tradisi masing-masing daerah bangkit kembali mewarnai corak dan ragam arsitekturnya. Menguatnya tradisi setempat ditimpali dengan dibukanya jalur perdagangan laut dan darat ketika itu di Venesia, Ravenna, dan Marseilles. Ini berakibat makin maraknya lintas budaya dengan berbagai pengaruhnya yang akhirnya bermuara pada perkembangan arsitekturnya.
Bentuk dasar denah dengan patrun Salib Romawi merupakan identitas yang lahir dan berkembang pada era Romanika. Citra lainnya yang menjadi identitas dari masa keemasan arsitektur Romanika adalah adanya menara lonceng pada bagian depan maupun pada ujung bangunan, dekorasi hanya pada bagian tampak depan saja, dan mulai diperkenalkannya penggunaan kolom majemuk. Arsitektur Romanika berkembang dengan pesat di wilayah Itali, Perancis, dan Jerman. Karya yang menonjol dan terkenal sampai dengan saat ini adalah S. Peter Roma di Itali.

SUMBER : http://www.balipost.co.id/BaliPostcetak/2002/12/22/ars1.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.infoplease.com/ce6/ent/A0816546.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar